kusen aluminium vs kayu

Mengenal Lebih Jauh Kusen Aluminium vs Kayu

Dalam bangunan rumah, kusen adalah bagian yang memiliki fungsi dan peran yang cukup penting. Bagian konstruksi dinding bangunan pada rumah ini fungsinya tak lain sebagai dudukan serta untuk meletakkan daun pintu, kaca, teralis, dan juga daun jendela.  Perlu anda ketahui jika ada 2 jenis material kusen yang sudah sering dipergunakan ketika membangun rumah tinggal antara lain adalah kusen kayu dan kusen aluminium. Lalu seperti apakah perbandingan antara kusen aluminium vs kayu?

baca juga: kusen aluminium bandung

Kusen Aluminium vs Kayu

Meskipun mempunyai fungsi yang sama, akan tetapi 2 jenis material kusen ini mempunyai perbedaan dari sisi kelebihan dan kekurangannya.

1. Kusen Aluminium

Kusen aluminium memang mempunyai banyak sekali kelebihan dibanding dengan kusen kayu. Jika dilihat dari segi desain, kusen aluminium pembuatannya dapat disesuaikan dengan pesanan. Tak hanya itu saja, aluminium juga merupakan bahan yang tahan keropos, tidak lapuk dan pastinya rayap tidak akan mampu memakannya.

Kusen aluminium juga memiliki bobot yang cukup ringan. Dengan begitu, bisa dengan mudah dipindahkan. Selain itu, pemasangan kusen ini juga bisa lebih cepat. Harganya pun juga lebih ekonomis daripada dengan kusen kayu. Maka, pertimbangkan dulu pilihan antara kusen pintu aluminium vs kayu.

baca juga: lantai vinyl bandung

Dibalik kelebihan yang dimiliki, ada kekurangan kusen dari bahan aluminium yaitu keterbatasan variasi bentuk. Sebab termasuk standar dari pabrik. Pemasangan kusen aluminium ini juga mengandalkan kekuatan dari sekrup. Tak hanya itu saja, kusen aluminium juga tidak bisa digunakan untuk setiap jenis rumah.

2. Kusen Kayu

Kusen kayu juga banyak diminati dari dulu hingga sekarang. Sebab, desain dari kusen kayu pas sekali jika diterapkan di rumah modern atau rumah klasik. Kusen kayu juga bisa menjadikan bangunan anda terlihat lebih elegan. Tak hanya itu saja, kusen kayu juga dapat diberikan tambahan dengan ukiran, sehingga desainnya terkesan lebih bagus.

Nah, untuk kekurangan yang ada pada kusen kayu diantaranya mudah dimakan oleh rayap. Jika tempat tinggal anda berada di daerah yang memiliki kelembaban tinggi, ini harus anda pertimbangkan. Material kayu juga membutuhkan perawatan berkala. Jadi anda bisa mempertimbangkan kembali untuk pemilihan kusen kayu vs aluminium.