Pentingnya Beton dalam Sebuah Konstruksi Bangunan

Beton Memiliki Kuat Tekan yang Baik

Salah satu material bangunan yang cukup penting dan banyak terlibat dalam berbagai konstruksi adalah beton. Material ini tidak hanya digunakan karena kekuatannya sebagai material utama bangunan, namun lebih mengacu pada kelebihannya yang diklaim bisa tahan api. Benarkah itu?

Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya benar. Beton memang bukan material yang tahan api, namun beton bisa dikatakan material yang cukup kuat untuk menahan api dalam waktu tertentu. Jika petugas pemadam kebakaran bisa tiba di tempat dengan tepat waktu, gedung yang terbakar masih bisa diselamatkan. Hal ini dikarenakan strukturnya terbuat dari beton.

Beton sudah sejak lama dipergunakan ketika material ini dipandang mampu menjadi pondasi yang kuat. Kekuatannya terhadap tekanan memungkinkan untuk dikenakan berbagai beban besar di atasnya. Itulah mengapa banyak yang memilih menggunakan beton sebagai material utama bangunannya.

Beton memiliki komponen bahan bangunan di dalamnya dengan komposisi dan penghitungan tertentu. Material utamanya adalah semen, air, aggregat kasar seperti kerikil, pasir dan juga fly ash. Setiap mutu beton memiliki takarannya masing-masing. Komponen-komponen ini dibuat berdasarkan rasio standard untuk mencapai mutu yang diinginkan.

Tiga komponen utama itulah yang menjadi bahan dasar beton. Di samping itu, akan ditemukan beberapa campuran bahan kimia seperti akselerator, retarder, dan plasticizer. Komponen ini dipergunakan untuk mempercepat dan memperlambat proses pengeringan beton yang sudah dicetak.

Produsen beton readymix yang sudah sangat terkenal di Indonesia adalah pionir beton atau sekarang banyak orang mengenalnya dengan Tiga Roda Beton. Pionir beton menawarkan harga beton cor tiga roda dengan berbagai pilihan harga. Di sini, Anda akan mendapatkan informasi bahwasanya harga beton bervariasi tergantung dari mutu beton dan truk mixer pembawanya.

Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan konstruksi bangunan dan lebar jalan menuju ke lokasi pengecoran. Pada dasarnya, ada dua model truk mixer beton yang bisa digunakan yaitu truk mixer regular isi 7 kubikan dan truk mixer mini isi 2.5 kubikan.

Beton yang bisa dicetak dan dikeringkan di lokasi konstruksi disebut dengan beton readymix. Umumnya dipersiapkan sebagai beton bertulang. Beton ini biasanya dipergunakan untuk mengisi kolom, pondasi, dinding dan balok. Proses pengeringannya bisa berlangsung selama beberapa hari hingga minggu tergantung dari kekuatan dan ketebalan beton.

Anda harus membuat perimeter tiang beton supaya tidak membahayakan ketika terjadi kebakaran. Bentuk dari perimeter ini biasanya mudah terbakar api dan akan menyulitkan proses pemadaman. Apalagi jika beton yang dicor masih sedang dalam proses pengeringan atau belum sempurna pengeringannya. Terjadinya kebakaran sangat rawan merusak kualitas beton.

Beton pracetak adalah beton yang sudah dicetak di luar lokasi pembangunan, yaitu tepatnya di pabrik beton. Beton ini bisa dipergunakan untuk mengisi lantai, dinding hingga atap. Beton ini khusus dibuat untuk mengurangi biaya pembuatan beton. Biasanya Anda akan menemukan beton jenis pracetak di lokasi-lokasi seperti garasi parkir.

Selain dari material dan mutu beton, ada cara lain untuk meningkatkan kekuatan tarik beton, yaitu menggunakan baja. Baja dipakai sebagai penguat atau juga disebut dengan “rebar”. Cara lainnya adalah dengan menggunakan metode lain seperti pra dan pasca pengencangan beton. Keduanya menggunakan metode tendon baja yaitu memakai kabel baja berkekuatan tinggi untuk memberikan kekuatan tarik pada beton.

Pada metode pra pengencangan, kabel baja dipasang dengan cara direnggangkan ketika beton cair dituangkan dalam cetakan. Saat beton sudah mengering, kabel baja ini dilepaskan untuk memberikan tekanan pada beton. Proses ini umumnya dilakukan di pabrik-pabrik khususnya untuk konstruksi pra cetak.

Itulah sedikit uraian tentang pentingnya beton dan mengapa material ini banyak dipergunakan. Jika Anda membutuhkan informasi lengkap silahkan hubungi 0812-1180-292 atau 0852-3111-5717 dan 0878-7091-4835. Semoga informasi ini bisa menjadi tambahan pengetahuan.