Belajar Memakmurkan Masjid Dengan Sholat Berjamaah

Belajar Memakmurkan Masjid Dengan Sholat Berjamaah

Belajar Memakmurkan Masjid Dengan Sholat Berjamaah

Apakah semua umat muslim yang laki laki sudah sholat wajib berjamaah dimasjid?, apakah kita tahu bahwa sholat wajib bagi pria adalah berjamaah dimasjid?, apakah kita tahu, berdosa jika tanpa uzur kita sholat wajib di rumah?.

Kewajiban kita sebagai seorang lelaki muslim adalah sholat 5 waktu secara berjamaah di masjid, ini sesuai dengan banyak hadist yang menerangkan masalah sholat wajib, baik keutamaan dan juga ancamannya.

Untuk itu sekiranya penting maka kita akan belajar bagaimana cara untuk sholat berjamaah di masjid atau bagaimana caranya agar masjid di tempat kita tinggal menjadi ramai. Berikut akan kita berikan tips agar masjid kita ramai dengan jamaah.

Sebelumnya melanjutkan alangkah baiknya jika kita membaca doa belajar terlebih dahulu agar kegiatan kita (saya dan anda) dalam membaca dan membuat artikel ini mendapatkan keberkahan dan kebaikan, silahkan baca doa sebelum belajar.

Cara Belajar Memakmurkan Masjid

Ada beberapa langkah yang harus di lakukan agar masjid kita ramai, berikut kami bagikan caranya.

Adakan Pengajian

Adakan pengajian, caranya panggil ustadz ke masjid kita, tentukan waktunya, apakah sehabis sholat maghrib atau setelah sholat isya atau bisa juga setelah sholat subuh, mengapa mengadakan pengajian?.

Karena kebanyakan orang yang tidak mau sholat kemasjid di sebabkan ketidak tahuan kalau sholat wajib itu harus di masjid secara berjamaah, nantidi dalam majelis ilmu tersebut di sampaikan tentang kewajiban sholat berjamaah, yang sebelumnya beritahukan kepada ustadz yang akan mengisi pengajian agar membahas tentang sholat berjamaah.

Dan dengan pengajian ini dakwah ilmu bisa tersampaikan kepada masyarakat umum, sehingga akan tersebar kebaikan kebaikan yang banyak di masyarakat kita.

Pilih Imam Yang Fasih

Cari atau pilih imam dengan bacaan yang fasih dan suara yang indah, karena dengan adanya imam seperti ini akan menarik orang untuk sholat berjamaah di masjid, jika tidak ada di antara jamaah yang bacaan qurannya fasih dan indah usahakan cari di luar dan angkat sebagai imam rawatib atau imam tetap.

Jangan mau maju jadi imam kalau kita bacannya masih tidak banar karena akan berpotensi tidak sahnya sholat kita,dan ini akan menjadi alasan untuk orang tidak sholat berjamaah.

Karena banyak kita jumpai di masjid sekitaran kita, ada saja orang yang bacaan alfatihahnya masih belepotan, tapi berani menjadi imam sholat, dan ada juga orang yang mengerti akan bacaan quran tapi enggan menjadi imam.

Sediakan Tempat Wudhu Yang Nyaman

Ada orang yang tidakpaham akan keutamaan wudhu di rumah saat akan pergi ke masjid, dan mereka akan memilih wudhu di masjid, maka untuk kenyamanan mereka kita sediakan tempat wudhu yang layak.

dan jangan lupa juga sediakan sarana toilet yang tidak kalah nyamannya, karena untuk keperluan ini manusia tidak bisa menahannya, ini juga akan mencegah orang untuk pulang ketika batal wudhunya karena ada tempat toilet dan tempat wudhu yang layak di masjid.

Sediakan Air Mineral

Sediakan dispenser atau aqua gelas agar setiap orang yang sholat dan merasa haus bisa terobati kehausannya, ini biasanya diminum atau di ambil oleh orang luar yang mampir untuk sholat berjamaah, nanti saat lain waktu orang tersebut akan ingat dan akan sholat lagi di masjid kita.

Itulah beberapa pelajaran atau tips cara memakmurkan masjid, yaitu dengan memperbanyak jamaah sholat wajib, entah itu jamaah di sekitar lingkungan kita maupun jamaah luar yang sedang mengadakan perjalanan yang mampir untuk sholat dimasjid kita.

Belajar cara memakmurkan majid ini bagus atau lebih tepat di baca oleh DKM, karena Dkm lah yang mengatur masalah masjid, tapi kalaupun kita bukan anggota DKM bisa kita memberikan saran kepada pengurus DKM akan ide ide di atas.

Mudah mudahan masjid kita menjadi masjid yang ramai dengan jamaah sholat sehingga menjadi central kebaikan di kampung atau wilayah kita. Demikian pembahasan kali ini tentang belajar sholat berjamaah yang disarikan dan dipetik dari penaungu.com.