AC Mobil Tidak Dingin? Ini Dia Sumber Masalahnya

Air Conditioner atau yang lebih akrab disapa AC merupakan salah satu fitur pendingin udara dalam kendaraan yang tidak pernah absen untuk digunakan oleh para pengendara di sejumlah kota yang memiliki suhu udara yang panas. Akan tetapi ketika AC mobil bermasalah dan membuatnya menjadi tidak berfungsi kerap kali dirasakan oleh sejumlah pengendara mobil yang membuat AC mobil tidak dingin.

Tentu saja hal tersebut akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman ketika anda mengalami hal tersebut. Jika AC mobil anda tidak dingin seperti biasa, itu berarti ada sesuatu yang salah dalam mobil anda dan harus segera diperiksa dengan menghubungi service AC mobil terdekat untuk mengetahui masalahnya agar segera diatasi dengan benar. 

Ada beberapa hal yang bisa menjadi sumber masalah dari AC mobil yang tidak dingin. Salah satu sumber masalah mendasar yang sering menjadi pemicu dari AC mobil yang tidak dingin dalah Freon. Freon yang mengalami kebocoran adalah sumber masalah yang umum terjadi pada mobil. Penyebab dari kebocoran tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, bisa jadi karena komponen karet yang getas karena terlalu lama.

Sumber masalah lain dari AC yang tidak dingin adalah saringan AC mobil tersumbat. Saringan pada AC berfungsi untuk menyaring semua debu dan kotoran, apabila anda tidak pernah membersihkannya, maka debu dan kotoran akan menempel dan tertimbun di bagian saringan. Sehingga membuatnya menyumbat saluran yang mengakibatkan sirkulasi udara menjadi tidak optimal. Oleh sebab itu, anda harus membersihkan saringan AC mobil agar tidak tersumban. 

Selain itu evaporator yang kotor juga membuat AC menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Evaporator yang kotor mengakibatkan sirkulasi AC mobil jadi tidak lancer.